Tahapan Perkembangan Anak (3-6 Tahun)



Bapak ibu, untuk lebih mengenal dan bijak dalam menangani anada ketika bimbingan belajar di Rumah, mari kita simak dan baca tahapan perkembangan anak sesuai dengan usianya. 

Semoga bermanfaat :-)

1.       USIA 3 TAHUN “TEMAN”

§  Berjalan tanpa melihat kaki, berlari dengan kecepatan tetap

§  Melompat pada benda atau tangga yang rendah

§  Dapat mengendarai sepeda roda tiga atau roda besar

§  Mengerjakan puzzle dengan mudah pada objek dengan satu kepingan

§  Menggambar bentuk-bentuk, seperti lingkaran, objek seperti rumah dan benda yang saling berhubungan

§  Perbendaharaan kosa kata 2000-4000 kata, cenderung berlebih-lebihan arti

§  Menggunakan kalimat sederhana paling tidak 3 sampai 4 kata

§  Mungkin akan sulit dalam percakapan untuk bergantian, sering merubah topik

§  Sulit dalam pengucapan kata, sering salah satu kata dengan yang lain

§  Dapat menyanyikan sebuah lagu

§  Banyak bertanya seperti “apa itu?”, “mau pergi ke mana?”

§  Banyak bertanya “kenapa?”

§  Kadang-kadang berbagi mainan dan diambil kembali

§  Dapat membuka resleting besar

§  Dapat mengatakan apa yang telah dilakukannya kemarin

§  Suka bertindak lucu

§  Puas main dengan diri sendiri

§  Bersikap kooperatif daripada toddler dan ingin menyenangkan orang dewasa (mungkin muncul lagi perilaku seperti toddler, misalnya mengisap ibu jari, mendorong, memukul, menangis jika tidak senang dengan keadaan)

§  Dapat mengikuti permintaan sederhana, kadang suka bertindak seperti anak besar

§  Menunjukan perasaan yang kuat, seperti rasa takut, rasa sayang, rasa senang dan lucu

§  Ingin main dengan anak lainnya

§  Akan marah jika tidak dapat melakukan sesuatu yang dilakukan orang lain

§  Mungkin menggunakan kamar kecil, tapi mungkin menggunakan popok di malam hari

 

 

2.       USIA 4 TAHUN “PENGEMBARA”

§  Berjalan menapak secara sempurna

§  Berdiri dengan satu kaki selama 5 detik, berjalan pada balok titian tanpa hambatan

§  Turun tangga dengan kaki bergantian

§  Memperlihatkan daya tahan energi dalam jangka waktu yang cukup lama

§  Dapat mulai menjiplak huruf-huruf besar

§  Bertanya menggunakan semua jenis pertanyaan

§  Bercerita tetapi kadang-kadang bingung apakah cerita itu benar atau tidak

§  Suka kata-kata dan membuat suara, seperti sajak

§  Dapat menceritakan di mana ia tinggal

§  Dapat menggunakan pisau untuk memotong makanan

§  Dapat menggunakan resleting celananya

§  Menggambar sebuah gambar seperti sesuatu yang ia ketahui

§  Mungkin bermimpi buruk di malam hari

§  Anak perempuan ingin belajar tentang anak laki-laki dan sebaliknya

 

3.       USIA 5 TAHUN

§  Berjalan mundur dengan cepat, melompat dan berlari dengan kekuatan dan kecepatan

§  Berjalan pada balok titian 2 inci dengan baik, melompat melewati benda

§  Dapat memanjat dengan baik, koordinasi gerakan untuk berenang dan naik sepeda

§  Menunjukan energi yang tinggi, jarang terlihat lelah, aktif dan sulit untuk diam

§  Memperlihatkan penilaian yang berbeda, bertindak melebihi kemampuannya beberapa waktu, tetapi menerima batasan-batasan yang ada dan mengikuti aturan

§  Mempergunakan 5000-8000 kata, sering bermain dengan kata-kata, kadang terjadi sedikit kesulitan dengan kata-kata baru

§  Mau bergantian dalam percakapan, senang memerankan peran-peran orang lain, pamer pada orang-orang baru atau menjadi sangat malu

§  Mau bergantian dalam percakapan, berkurang mengganggu orang lain, mau mendengar informasi baru bila ada yang menarik

§  Menunjukan rasa ego ketika bicara, contoh dia menyuruh saya untuk melakukan itu, tanpa penegasan dalam pengucapan kata

§  Berbagi pengalaman secara verbal

§  Sengan main peran denga anak lain

§  Kerjasama yang baik dalam membentuk kelompok kecil

§  Mengerti kekuatan menolak orang lain contoh “jangan sentuh mainanku”

§  Cenderung memimpin dengan yang lain

§  Mampu mengontrol perasaan marah, takut, tetapi sesekali masih membutuhkan orang dewasa untuk mengontrol emosi

§  Senang bersama dengan teman, bercanda serta menggoda

§  Memperlihatkan serangan fisik yang berkurang, lebih sering menggunakan serangan bahasa, mengancam untuk memukul seseorang

§  Dapat mengikuti permintaan, kadang masih perlu dimotivasi untuk batasan dan aturan

§  Kadang kembali berperilaku seperti anak kecil bila aturan kelompok kurang sesuai dengan yang seharusnya

 

4.       USIA 6 (ENAM) TAHUN

v  Fisik

1.     Visual yang baik untuk membaca

2.     Mengganggap jarinya sebagai alat

3.     Selalu terburu-buru

4.     Tidak tenang dalam kelas

5.     Menjatuhkan kursi

6.     Belajar membedakan kiri kanan

7.     Aktifitas oral (gigi)à gigit pensil, jari, rambut

8.     Cepat lelah/ capek, kadang sakit

9.     Senang kegiatan di luar/ olahraga

 

 

v  Sosial

1.     Selau ingin menjadi nomor satu

2.     Kompetitif, antusias

3.     Kadang malas, tak jujur dalam aturan

4.     Ingin melakukan yang terbaik, tapi harus banyak latihan

5.     Sulit menghadapi kegagalan, perlu dorongan semangat

6.     Suka kenyamanan (yang enak-enak), misal; surpise

7.     Bisa mejadi bos, suka menggoda/ mengkritik orang lain

8.     Mudah kecewa ketika disakiti

9.     Teman hal yang penting (mempunyai sahabat)

10.  Membuat sekolah seperti di rumah

 

v  Bahasa

1.     Suka bekerja

2.     Suka menjelaskan sesuatu, menunjukan, mengatakan yang bermanfaat

3.     Suka bercanda dan main tebak-tebakan

4.     Bahasa yang ramai (bicara terus)

5.     Mengeluh

 

v  Kognitif

1.     Suka bertanya

2.     Suka permainan/ ide baru

3.     Suka warna/ melukis

4.     Belajar terbaik melalui penemuan

5.     Lebih senang proses dari pada hasil

6.     Lebih bisa mencoba dari pada membandingkan

7.     Lebih bisa mencoba dari pada menyelesaikan/ menyempurnakan

8.     Permainan dramatik yang rumit + permainan kooperatif

9.     Representasi symbol lebih penting

10.  Hubungan ruang dan hubungan fungsi lebih dimengerti

11.  Mulai mengerti masalah yang lalu dengan yang sekarang

12.  Mulai tertarik pada keterampilan dan tehnik untuk kepentingan sendiri

 

v  Di dalam kelas

1.     Dapat mengkopi pekerjaan dari papan tulis, jika diminta, kalau hal tersebut merupakan tugas sulit

2.     Sulit berada dalam barisan, tidak konsisten

3.     Kemampuan tracking dapat mengarahkan instruksi membaca

 

v  Kemampuan gross  motor

1.     Membuat kegaitan yang membuat anak sibuk; anak cendrung bekerja sambil berdiri

2.     Dorong mereka untuk bekerja sesuai limit waktu untuk mendapatkan hasil yang baik

v  Cognitive growth (perkembangan kognitif)

1.     Permainan, puisi, lagu/ nyanyian sangat populer dan  bermanfaat bagi anak, mengajar melalui bermain lebih kuat daripada melalui teks book

2.     Letupan seni; bahan lunak, menari, mewarnai, menggambar, menyanyi, anak perlu penghargaan tak ada salah dan benar, awal anak mencoba ambil resiko sekarang untuk mendapatkan kompetensi dan ekspresi seni

3.     Menghasilkan banyak product tapi kurang sempurna kwalitasnya, anak bangga terhadap apa yang telah dilakukan, akan tetapi kurang perhatian terhadap penampilan / corak

4.     Beri perhatian terhadap kenyamanan anak dalam bekerja yang meliputi: akademis, beres-beres, kesiapan membuat eksperimen

5.     Sosial studies, harus berhubungan dengan diri sendiri dan sekarang: popular, bekerja dengan balok, dapat produktif bila diikuti dengan kegiatan yang dapat dipamerkan.

Anak dapat mengerti sejarah bila berhubungan (menemukan) dengan yang sekarang.

v  Sosial behaviour

1.     Tingkah laku yang ekstrim dapat dimengerti dan tidak dapat ditoleransi. Tantrum, menggoda, ngebos, mengeluh, pengaduan-mengadu terhadap orang yang punya wewenang

2.     Sangat sensitif, sedikit dorongan semangat, mungkin dibutuhkan dalam situasi sulit. Jago kritik, dapat melukai

3.     Kompetisi pada permainan ingin selalu menang dan yang utama

 

Curriculum

v  Reading

1.     Latihan membaca harus continue

2.     Insturksi verbal melalui seluruh pengalaman bahasa dengan kelas besar/ group kecil yang heterogen

3.     Mengenalkan perpustakaan sekolah + kota

4.     Buku predictable masih diperlukan

5.     Latihan menjawab pertanyaan dari sebuah wawancara

6.     Mulai membaca, menulis, gambar, drama, balok, play dough, membaca tak tertulis

v  Writing

1.     Writing: menggambar dengan kontinyu dapat berpengaruh terhadap perkembangan menulis. Mulai membuat kalimat dengan  huruf sesuai ucapan, misal prgi, sekolh, sy pegi k slà saya pergi ke sekolah

2.     Speeling: menyebutkan huruf; sa a p rgi ke sek lah (huruf ada yang hilang). Saat transisi spelling lebih mementingkan pengucapan daripada tulisan

3.     Writing themes: teman baik, sekolah, binantang peliharaan, perjalanan, berang-barang baru, hari libur, pantai

4.     Hand writing: menulis dengan pensil ukuran lebih besar dari anak usia 5 tahun karena cendrung terburu-buru atau mau mencoba fantasi huruf baru. Penggunaan huruf besar dan kecil digunakan secara spontan, spasi belum stabil

 

v  Thematic limits (sosial studies, science, current events)

Keluarga, teman, sekolah, profesi di sekolah, alam, misal : kupu-kupu, musim,  tumbuhan, pekerjaan yang dilakukan orang, perbedaan budaya, bahasa

v  Matematik

1.     Mental matematik dan problem solving dimulai setelah keterampilan material kongrete sudah matang

2.     Perhitungan dasar dengan ruan

3.     Lembar kerja untuk latihan perhitungan sederhana

4.     Eksperimen (+) (-)

5.     Bekerja manipulasi harus kontinyu

 


Posting Komentar